Kronologi Penyebab Tenggelamnya KM Wihan Sejahtera di Perairan Teluk Lamong

0
K CumaBerita.com, Jakarta. KM Wihan Sejahtera tenggelam di Teluk Lamong pukul 09.00 WIB pada hari Senin 16 November 2015. KM Wihan Sejahtera berangkat dari Dermaga Jamrud, Tanjung Perak dengan tujuan NusaTenggara Timur (NTT). Kapal KM Wihan Sejahtera rencananya akan transit di Ende sebelum akhirnya berlabuh di Maumere. Namun sekitar pukul 09.30 kapal mengalami masalah dan posisi miring sekitar 30 derajat.

Tak lama kemudian seluruh badan kapal tenggelam. Diduga kapal kelebihan muatan. KM Wihan Sejahtera memiliki bobot 140 GT dengan kode 9.786. Sebagian korban telah dibawa ke RS PHC Surabaya. KM Wihan Sejahtera sudah sering mengalami insiden sejak 2014. KM Wihan Sejahtera jenis roll off-roll on (roro) itu kerap bermasalah.

Hal itu dibuktikan dengan ditolaknya KM Wihan Sejahtera beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada 2014. Selain tak tidak memakai mesin ganda, kapal itu dinahkodai orang yang belum berpengalaman. Nahkoda KM Wihan Sejahtera masih shock setelah kapalnya tenggelam di perairan Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur. Sehingga proses penyelidikan penyebab kapal tenggelam belum menemukan titik terang.

Baca Juga: Foto Profil Prof. Dr. Benny Hoedoro Hoed Ayah Musisi Anto Hoed Meninggal Dunia

Tim investigasi akan tetap menyelidiki penyebab kecelakaan. Begitu kondisi nahkoda dan kru kapal membaik, tim akan segera melakukan penyelidikan lanjutan. Hasil penyelidikan internal sementara, papar Rudiana, kapal rute Surabaya-Labuan Bajo-Ende itu diduga berlebih muatan penumpang alias overload. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply