Foto Ritual Festival Saraswati International 2015 di Ubud Bali

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Festival internasional dalam rangka memperingati hari Saraswati adalah mementum perayaan bahasa Bali sebagai bagian dari keberagaman bahasa Indonesia. Universitas Udayana, dan Badan Bahasa), Banjar Bali USA, Museum ARMA, dan Kedutaan Besar Indonesia di Amerika, menyelenggarakan festival internasional dalam rangka memperingati hari Saraswati (hari kebijaksanaan, pengetahuan, dan budaya).

Dengan perayaan bahasa Bali sebagai bagian dari keberagaman bahasa di Indonesia, dan pada saat yang sama merayakan keberagaman bahasa yang ada di dunia. Dialog masa kanak-kanak putra-putri Bali penuh keceriaan disajikan secara apik dalam pagelaran Festival Saraswati Internasional, di Museum Arma Ubud, Gianyar pada hari Jumat 27 November 2015.

Cerita yang disajikan dalam bentuk dolanan dan tari Puja Saraswati oleh sanggar seni Citra Usadha itu membahas boleh tidaknya belajar saat rahina saniscara umanis watugunung. Pada saat yang bersamaan, juga dirayakan keberagamaan bahasa-bahasa yang ada di dunia. Representasinya adalah pembacaan puisi tentang puja puji terhadap Sang Hyang Aji Saraswati secara live streaming dengan menggunakan delapan bahasa di benua.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Jamie Vardy Leicester City Rekor EPL Liga Inggris 2015

Yaitu benua Amerika, Eropa dan Asia. Puisi Saraswati juga ditranslate dalam delapan bahasa. Selama ini belum pernah terselenggara festival Saraswati. Bahasa Bali adalah bahasa sekala dan nisakala. Secara sekala dia katakan, bahasa Bali menjadi sarana komunikasi masyarakat sehari-hari. Di sisi lain bahasa Bali juga dipakai untuk kegiatan spiritual. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply