Perpanjangan SIM Online Resmi di Luncurkan di Indonesia Desember 2015

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Setelah sebelumnya Kementerian Perhubungan baru saja meniadakan loket tiket di bandara untuk mencegah percaloan, kini pihak Kepolisian menyusul langkah tersebut dengan menyediakan layanan pembuatan dan perpanjang SIM online. Atas keluarnya kebijakan ini, para calo yang biasa nongkrong di samsat mulai kehilangan lahan. Atas kejadian ini, masyarakat umumlah yang sebenarnya diuntungan.

Masyarakat Yogyakarta adalah yang pertama merasakan manfaat kebijakan ini. Soalnya baru kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan program perpanjang SIM lewat online. Namun jangan khawatir. Kepolisian Republik Indonesia akan memperluas layanan ini hingga ke seluruh daerah di Indonesia pada Desember 2015. Sejumlah daerah juga sudah mulai memberikan layanan pembuatan SIM online, seperti kota Surabaya.

Kepolisian berencana membuka SIM Corner di sejumlah pusat perbelanjaan. Diharapkan masyarakat yang suka ke mall bisa sekalian memperpanjang atau membuat SIM. Sistem online yang diluncurkan kepolisian ini tidak tanggung-tanggung. Data bakal terintegrasi dengan database lembaga lain yang terkait, seperti Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Scott Weiland Vokalis Stone Temple Pilots Meninggal Dunia 2015

Jadi untuk membuat atau memperpanjang SIM online hanya perlu KTP. Kita hanya perlu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai KTP. Jika sudah masuk identitas lengkap kita yang terdata di Kementerian Dalam Negeri akan keluar. Karena itu, hukumnya wajib bagi kita untuk memiliki KTP yang terdata di Kementerian Dalam Negeri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply