Foto Sejarah Perayaan Ritual Tumpek Landep Umat Hindu di Bali 2015

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Ritual menghormati benda mati sebagai wujud kearifan budaya lokal di Indonesia. Umat Hindu Dharma di Bali menggelar kegiatan ritual Tumpek Landep. Persembahan suci yang khusus ditujukan untuk semua jenis benda yang terbuat dari bahan besi, logam, emas seperti keris dan senjata pusaka lainnya. Kegiatan ritual menggunakan kelengkapan sarana banten, rangkaian janur kombinasi bunga dan buah-buahan dipersembahkan untuk berbagai jenis alat produksi.

Dan aset dari bahan besi, tembaga maupun emas. Ritual khusus yang digelar tersebut dilakukan pagi hari sebelum jam 12.00 waktu setempat. Pelaksanaan ritual Tumpek Landep yang dipimpin seorang pemangku adat kali ini dilakukan secara sederhana, karena hari suci khusus untuk keris itu jatuh dua kali dalam setahun.

Sehingga perayaan digilir sederhana dan. Persembahan khusus pada hari Tumpek Landep selain keris juga berbagai jenis mesin produksi, kendaraan, sepeda motor dan alat teknologi lainnya termasuk telepon seluler dan komputer. Hal itu dimaksudkan agar alat-alat teknologi yang membantu memberikan kemudahan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga: Video Konser Iwan Fals Satu Project di Jakarta Timur 2015

Sesuai fungsinya dan menghindari penggunaan untuk melakukan tindakan kejahatan pada orang lain. Kegiatan ritual itu umumnya dilakukan di masing-masing rumah tangga dengan skala kecil, madya dan utama sesuai kemampuan dari keluarga bersangkutan. Semua itu bermakna untuk memohon keselamatan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Senjata. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply