Hasil Lengkap Pilkada Serentak 2015 Seluruh Indonesia

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Ada 26 pasangan calon di 13 kabupaten di Indonesia yang menang tipis dalam Pilkda serentak 9 Desember 2015. Hasil itu didapat dari hasil rekapitulasi surat suara di laman Komisi Pemilihan Umum. Sejak pencoblosan hingga menjelang tahapan penghitungan suara tingkat kabupaten atau kota yang akan dimulai 16-18 Desember 2015.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 menyisakan pekerjaan rumah bagi Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Pidum) Bareskrim Mabes Polri. Saat ini Dit Pidum Bareskrim tengah menangani 29 tindak pidana terkait pelanggaran Pilkada serentak. Dari data Mabes Polri, pelanggaran yang paling menonjol soal keterlibatan aparat sipil negara (ASN) dalam penyelenggaraan pilkada.

Tiga dari 29 perkara ini masih dalam tahap penyidikan. Sedangkan, dua dari semua perkara sudah dilimpahkan tahap 1 ke Kejaksaan. Tiga perkara dikembalikan Kejaksaan ke penyidik Polri untuk dilengkapi pemberkasannya (P-19). Sementara yang telah masuk tahap dua yaitu pelimpahan berkas perkara dan tersangka (P-21) sebanyak 14 perkara.

Baca Juga: Video Pengakuan Mulan Jameela & Deddy Corbuzier Minta Maaf di YouTube Instagram

Sedangkan 7 perkara dinyatakan tak cukup bukti hingga dihentikan kasusnya (SP3). Tujuh kasus yang dihentikan penyidikannya yaitu dugaan pidana terkait pemilihan kepala daerah di Pohuwato, Gorontalo, Kaimana, Papua Barat, Bukit Tinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Bengkulu, dan dua Pilkada di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply