Foto Isi Surat Pengunduran Diri Setya Novanto Dari Ketua DPR

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Kasus Setya Novanto ini berawal dari beredarnya rekaman pembicaraannya dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Ma’roef Sjamsoeddin, dan pengusaha M. Riza Chalid. Ketua DPR Setya Novanto disebut mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden untuk meminta saham kepada PT Freeport. Selain itu, sebuah surat atas nama dirinya terungkap dilayangkan ke Pertamina. Isinya, permohonan tagihan sebuah perusahaan minyak.

Setya Novanto akhirnya melayangkan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPR sesaat sebelum Mahkamah Kehormatan Dewan menjatuhkan putusan atas kasus dugaan pelanggaran kode etik yang ia lakukan. Setelah sidang Majelis Kehormatan Dewan (MKD) menyatakan Ketua DPR, Setya Novanto, melakukan pelanggaran sedang maupun berat. Setya Novanto mengajukan pengunduran dirinya dari jabatan ketua DPR.

Surat pengunduran dirinya dibacakan di sidang MKD yang berlangsung hingga Rabu larut malam. Surat pengunduran diri Novanto itu sudah disampaikan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan. Di sidang MKD, ketua sidang membacakan ulang isi surat pengunduran diri Setya Novanto. Sehubungan dengan penanganan pengaduan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di MKD DPR.

Baca Juga: Daftar Nama Profil Pimpinan Ketua KPK Terbaru 2015-2019

Maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019. Dalam Sidang MKD, sembilan anggota menyatakan Novanto melakukan pelanggaran sedang, sementara enam anggota menganggap Novanto melakukan pelanggaran berat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply