Foto Profil Biodata RJ Lino Direktur Utama PT Pelindo II Tersangka Korupsi Crane

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino tersangka pengadaan Quay Container Crane (QCC)‎ 2010. KPK menemukan dua alat bukti yang cukup untuk meningkatkan status kasus tersebut ke penyidikan dan menetapkan RJL (RJ Lino) sebagai tersangka. Richard Joost Lino diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau suatu korporasi terkait pengadaan QCC di Pelindo II 2010.

Praktik tersebut dilakukan dengan memerintahkan pengadaaan tiga unit QCC di PT Pelindo II dengan menunjuk langsung HDHM dari Tiongkok sebagai penyedia barang. Atas perbuatannya, Richard Joost Lino disangkakan pasal 2 ayat (1) dan/atau pasal 3 Undang – Undang Nomor 31 tahun 1999/UU 20 tahun 2001.

Pemeriksaan juga akan dilakukan terhadap pihak yang keterangannya dibutuhkan penyidik. Richard Joost Lino pernah dilaporkan oleh serikat pekerja PT Pelindo di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT). Mereka mendatangi Gedung KPK guna mengadukan dugaan korupsi perpanjangan konsensi JICT oleh Lino kepada Hutchison Port Holdings (HPH). ‎

Baca Juga: Guus Hiddink Resmi Pelatih Baru Chelsea

Bareskrim Mabes Polri juga sempat pula mengeledah kantor PT Pelindo II di Tanjung Priok Jakarta. Penggeledahan dipimpin langsung Kepala Bareskrim saat itu, Budi Waseso. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung kerugian negara akibat dugaan korupsi kasus Pelindo II. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply