Foto Peringatan 11 Tahun Tsunami Aceh di Indonesia 26 Desember 2015

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Pada 26 Desember 2004 gempa bumi bawah laut 9,1 Skala Richter (SR) mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. Dampak gempa itu begitu kuat sampai 1.200 kilometer dari pusat gempa, hingga mencapai Alaska. Gempa dahsyat itu memicu tsunami mematikan.

Tsunami menyapu sejumlah pantai di Samudera Hindia hingga ketinggian 30 meter, termasuk Aceh. Semua luluh lantak dan lebih dari dua ratus ribu nyawa melayang. Deteksi tsunami tidak mudah karena ketika tsunami berada di laut dalam, ketinggiannya pendek dan perlu jaringan sensor untuk mengetahuinya.

Pembangunan infrastruktur komunikasi untuk mengeluarkan peringatan tepat waktu adalah masalah yang lebih besar lagi, terutama di daerah berpenduduk miskin. Sebuah goa ditemukan dekat pusat gempa tsunami Aceh yang melanda Indonesia beberapa tahun silam. Goa ini diperkirakan menyimpan jejak ombak raksasa tsunami sejak 7.500 tahun yang lalu.

Baca Juga: Video Foto Profil Evi Masamba Top 5 Dangdut D’Academy Asia 2015 Tadi Malam di Indosiar

Temuan goa di pesisir Aceh ini menunjukkan bukti adanya alur waktu terpanjang dan terinci dari tsunami yang pernah terjadi di lepas pantai bagian barat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Goa batu kapur ini terletak hanya beberapa meter di lepas pantai Banda Aceh. Tepatnya di dekat pusat gempa bumi berkekuatan 9,1 skala richter yang memicu ombak setinggi 30 meter pada 26 Desember 2004 lalu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply