Foto Profil Din Minimi Anggota GAM Menyerahkan Diri ke BIN Sutiyoso Pemerintah Indonesia

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Din Minimi adalah ketua kelompok bersenjata mantan kombatan GAM di Aceh timur yang diduga berada di belakang sejumlah kasus kekekerasan di Aceh sejak awal 2014. Namun akhirnya penyerahan diri kelompok eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka yang dipimpin Din Minimi dianggap akan berdampak positif terhadap perdamaian di Aceh.

Dengan kembalinya kelompok Din Minimi ke masyarakat dinilai akan menguntungkan bagi Aceh sebab akan memperbesar peluang adanya investasi di daerah tersebut yang didorong oleh stabilitas keamanan di provinsi ini. Kelompok eks kombatan GAM yang dipimpin Din Minimi menyerahkan diri secara resmi pada hari Selasa 29 Desember 2015.

Proses penyerahan diri kelompok Din Minimi sebenarnya secara keseluruhan sudah berlangsung sekitar dua tahun. Sebelumnya ada beberapa tuntutan yang diminta oleh kelompok Din Minimi yakni adanya pengampunan terhadap para anggotanya yang diduga terlibat kasus kekerasan, kesejahteraan bagi para mantan kombatan, dan pembangunan rumah untuk yatim piatu korban konflik.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Lemmy Kilmister Motorhead Meninggal Dunia

Sementara itu pemerintah Aceh mengungkap akan memperbaiki keadaan kelompok eks kombatan dan untuk merealisasikan itu ada dana dari pemerintah daerah dan pusat. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, mengatakan bahwa kelompok eks kombatan GAM yang dipimpin Din Minimi tersebut akan diberi amnesti dan bebas setelah diproses secara hukum. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply