Foto Gambar Gunung Soputan Meletus Abu Vulkanik di Sulawesi Utara 2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Gunung Soputan adalah gunung berapi yang terletak di provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini terbentuk pada masa Kuarterner di tepi selatan kaldera Tondano dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Sulawesi. Tercatat telah terjadi letusan yang cukup sering dalam rentang waktu beberapa tahun sekali. Gunung Soputan berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya selatan kota Manado dan berjarak sekitar 12 kilometer di sebelah timur laut kota Tombatu, kabupaten Minahasa Tenggara.

Beberapa saat yang lalu Gunung Soputan yang berada di perbatasan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meletus pada pukul 20:53. Adanya letusan tersebut saat ini status Gunung Soputan telah ditingkatkan dari sebelumnya Waspada level II ke status Siaga level III.

Saat ini dari pantauan yang dilakukan dari pos pantau Gunung Soputan, lava pijar saat ini menuruni lereng gunung bagian timur. Pos pantau Gunung Soputan masih menunggu laporan dari pos pemantau terkait daerah rawan akibat dampak letusan Gunung Soputan tersebut.

Baca Juga: Foto Profil Nama Pacar Nikita Willy Cowok Bali Tutde Sumerta Anak Bebek Tepi Sawah

Gunung Soputan sendiri merupakan salah satu gunung teraktif di Provinsi Sulawesi Utara, yang terakhir meletus pada bulan Maret 2015. Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara menyemburkan magma setinggi 4,5 kilometer dan meninggalkan awan panas yang bergerak ke arah tenggara gunung sejauh 2,5 kilometer pada Sabtu, 7 Maret 2015. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply