Kurs Dollar Nilai Tukar Rupiah per September 2015 BCA Mandiri BNI

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Ada dampak yang signifikan terhadap rencana pengurangan stimulus Bank Sentral Amerika. Karena rencana tersebut, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menjadi menurun. Memang ada beberapa sentiment global yang mendorong pelemahan tersebut namun rencana tersebut menjadi penyebab utama. Salah satu penyebab atau sentimen dari dalam negeri adalah adanya penguatan defisit neraca pada transaksi yang berjalan.

Hingga saat ini nilai tukar rupiah atas dolar AS masih sangat rentan hingga September 2015. Secara fundamental sebenarnya kondisi ekonomi Indonesia cukup baik. Tetapi kalau The Fed menaikkan suku bunga atau RRT mendevaluasi Yuan maka nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa melemah lagi.

Kurs tengah Bank Indonesia nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari Senin 24 Agustus 2015 bergerak pada rentang Rp 13.828 hingga Rp 13.896. Laju dollar AS sedang mengalami pelemahan, seiring dengan keraguan pelaku pasar terhadap kemungkinan The Fed akan menaikan suku bunganya di bulan September 2015.

Baca Juga: Foto Nama Sosok Tuhan Lahir di Banyuwangi Jawa Timur

Belum adanya sentimen positif yang dapat dijadikan amunisi bagi rupiah untuk menguat membuat laju rupiah terus melemah meski laju dolar AS juga sedang melemah. Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi 25 Agustus 2015 bergerak melemah sebesar 25 poin menjadi Rp 14.020 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 13.995 per dolar AS. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply