Jadwal Tanggal Gerhana Matahari Total di Indonesia Maret 2016

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Setelah sebelumnya peristiwa langit seperti supermoon dan hujan meteor. Kini akan terjadi di dunia sepanjang tahun 2016 adalah gerhana matahari total yang akan bisa dinikmati di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016. Jalur gerhana akan diawali saat matahari terbit di Pulau Sumatera hingga Maluku.

Gerhana Matahari Total (GMT 2016) ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Mulai sekitar pukul 7.30 pagi di Sumatera dan sekitar pukul 10 pagi di Maluku Utara. Kota besar di Indonesia yang akan kebagian gerhana matahari total ini adalah Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Tanjung Pandan, Palu dan Ternate.

Selain waktu mulai gerhana yang berlainan antar wilayah.Fase gerhana total (yaitu ketika Matahari sepenuhnya tertutup oleh piringan Bulan) berlainan dari wilayah satu ke wilayah lainnya. Saat itu pagi hari di sebagian wilayah Nusantara akan berubah gelap seperti malam purnama meski hanya dalam hitungan menit. Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat.

Baca Juga: Video Trailer Sinopsis The Revenant Film Drama Terbaru 2016

Sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB. Sementara di area lain seperti Pulau Jawa, teramati gerhana matahari total sebagian. Tak hanya dinanti masyarakat Tanah Air, fenomena gerhana matahari total juga menjadi pusat perhatian masyarakat Internasional. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply