Foto Gambar Jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung Resmi Dibangun 2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya akan menghubungkan empat stasiun yaitu Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar yang tidak jauh dari kawasan Gedebage yang nantinya akan menjadi pusat Pemerintahan Kota Bandung sepanjang 140,9 kilometer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir pada acara groundbreaking proyek kereta cepat (high speed railway/HSR) kerja sama Indonesia-Tiongkok.

Serta pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat pada hari Kamis 21 Januari 2016. Proyek kereta cepat (high speed railway/HSR) kerja sama Indonesia-Tiongkok merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 107/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung pada 6 Oktober 2015.

Adalah PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), konsorsium gabungan antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan China Railway International Co. Ltd., yang mendapat mandat untuk membangun dan melaksanakan proyek penyelenggaraan jasa kereta cepat trase Jakarta-Bandung. Kepemilikan saham KCIC yaitu 40 persen dimiliki oleh China Railway International Co. Ltd.

Baca Juga: Foto Gambar Profil Rico Patikasih Bandar Narkoba Ditembak Mati Polisi di Johar Baru Jakarta

Sementara 60 persen dimiliki PSBI yang merupakan gabungan dari WIKA dengan komposisi penyertaan saham 38 persen, KAI 25 persen, PTPN VIII 25 persen, dan JSMR 12 persen. Proyek ini rencananya berlangsung selama 36 bulan kalender kerja untuk pekerjaan kontruksi hingga akhir 2018 dan diharapkan dapat beroperasi pada 2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply