Foto Gambar Sejarah Biografi Jendral Sudirman 100 Tahun Pahlawan Nasional 1916-2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, Jendral Sudirman secara luas terus dihormati di Indonesia. Terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga, Hindia Belanda, Soedirman diadopsi oleh pamannya yang seorang priyayi. Jendral Sudirman sangat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk mengikuti program kepanduan yang dijalankan oleh organisasi Islam Muhammadiyah.

Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Jendral Sudirman melarikan diri dari pusat penahanan. Kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Jendral Sudirman ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas. Pada tanggal 12 November 1945, dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta, Soedirman terpilih menjadi panglima besar.

Jendral Sudirman adalah sosok yang tidak mungkin bisa dikontrol dan keras kepala. Tetapi tetap bertekad untuk melakukan yang benar bagi negara. Opini modern yang berkembang di Indonesia mengenai Jendral Sudirman cenderung berupa pujian. Jendral Sudirman telah menerima berbagai tanda kehormatan dari pemerintah pusat secara anumerta.

Baca Juga: Video Skor Arsenal vs Chelsea Highlights Liga Inggris 2016

Termasuk Bintang Sakti, Bintang Gerilya, Bintang Mahaputra Adipurna, Bintang Mahaputra Pratama, Bintang Republik Indonesia Adipurna, dan Bintang Republik Indonesia Adipradana. Pada 10 Desember 1964, Jendral Sudirman ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 314 Tahun 1964. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply