Apa Itu Vaksin Virus Zika Serang Janin Bayi Ibu Hamil di Indonesia

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Kehadiran nyamuk sering menimbulkan berbagai macam bencana. Mulai dari gatal-gatal hingga kematian. Nyamuk tak hanya membuat kulit merah lalu gatal, tapi dibalik masuknya mulut nyamuk ke dalam pori-pori kulit juga bisa terjadi transfer virus yang masuk ke dalam aliran darah. Sebut saja Malaria, DBD (Demam Berdarah Dangue), dan Chikungunya. Ketiganya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk.

Namun belakangan terungkap satu virus lainnya yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, yaitu Zika. Di Amerika Latin, virus ini telah mewabah dan membuat bayi terlahir cacat. Zika adalah virus yang berasal dari nyamuk dan menyebabkan gejala ringan berupa demam, ruam, nyeri sendi dan kemerahan mata. Virus ini disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti, yang juga menyebabkan demam berdarah dan demam kuning (yellow fever).

Para ilmuwan mengatakan makin banyak bukti yang menghubungkannya dengan microcephaly yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala kecil. Salah satu cara memerangi Zika adalah membersihkan air yang stagnan tempat nyamuk berkembang biak, dan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Rio Haryanto Resmi Lolos ke Formula 1 (F1) 2016

Saat ini tidak ada vaksin atau obat sementara uji diagnosa sulit dilakukan. Pencarian vaksin dipimpin para ilmuwan di University of Texas Medical Branch. Tetapi mereka memperingatkan meskipun vaksin dapat siap diuji dalam dua tahun, kemungkinan diperlukan sepuluh tahun lagi sebelum diizinkan pemerintah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply