Pemenang Hasil Hitung Cepat Pilkada Kalteng (Kalimantan Tengah) 2016

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pemungutan suara Pilkada Kalimantan Tengah telah selesai. Saat ini warga menunggu hasil penghitungan suara. Baik untuk pasangan nomor 1 (SugiantoSabran-Habib Ismail/Sohib) maupun nomor 2 (Willy Yoseph-Wahyudi). Dua lembaga survey independent telah melakukan hitung cepat. Lembaga Survey Indo Barometer menayangkan hasil hitung cepat (quick count) di TV One. Sedangkan lembaga survey Indikator, hasil hitung-cepatnya ditayangkan Metro TV.

Secara metodologis jelas berbeda dengan lembaga survey, baik IndoBarometer maupun Indikator. Kedua lembaga itu menggunakan metode sampling yang diambil secara acak. Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan merilis hasil penghitungan sendiri. Hasil penghitungan KPU inilah yang akan ditetapkan sebagai hasil akhir penghitungan suara yang sah.

Masih terjadi kejar mengejar angka antara dua pasangan calon yang bersaing. Namun, berdasarkan hasil perhitungan sementara TPS (Form C1) yang diunggah KPU pukul 22.00 WIB, pasangan Willy-Wahyudi (WIBAWA) unggul sementara dengan perolehan suara 48.964 suara (53,22 persen), sementara Sugianto-Said Ismail (SOHIB) 43.041 suara (46,78 persen).

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Virus Zika Serang Janin Bayi Ibu Hamil di Indonesia

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng Sugianto Sabran-Habib Said Ismail (SOHIB) unggul di delapan kabupaten di Kalteng. Dalam lamannya, KPU menyatakan rekapitulasi suara berdasarkan formulir Model C1 yang telah ditetapkan KPPS bersifat sementara dan bukan hasil final. Kesalahan yang terdapat pada formulir Model C1 diperbaiki pada rekapitulasi di tingkat atasnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply