Foto Gambar Alamat Kalijodo Tempat Lokalisasi di Jakarta Utara

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Pelacuran sebagai salah satu masalah sosial, sering dipandang sebagai profesi yang haram karena dampaknya dapat menghancurkan kredibilitas sebuah rumah tangga, Namun disisi lain harus diterima eksistensinya sesuai dengan tuntutan budaya masyarakat. Selain lokalisasi Kramat Tunggak setidaknya ada 3 lokalisasi tenar di Jakarta.

Beberapa dari lokalisasi tersebut sudah ditutup, namun geliat esek-esek masih sering terjadi di lokalisasi tersebut. Sebagai pemukiman kumuh, Kalijodo memiliki sejarah yang mewujudkan kondisi masyarakatnya saat ini. Lokasi pelacuran Kalijodo dimulai dengan kehadiran orang Tionghoa untuk melakukan tradisi Cungbeng sejak 1950an.

Kehadiran orang Tionghoa yang mengundang daya tarik untuk berkunjung dan sambil memancing ikan di Kali Banjir Kanal yang airnya bersih dan jernih sekaligus dimanfaatkan oleh orang untuk mencari jodoh. Sejak tahun 1992, dilakukan pengusuran oleh pihak pemerintah daerah, sehingga warga berpindah ke lokasi pelacuran Kalijodo yang terletak di sebelah Timur Kali Banjir kanal dengan nama Jalan kepanduan dua.

Baca Juga: Foto Gambar Profil Antho Nugroho Pemilik Akun @anthonugroho di Instagram

Sebagai lokasi pelacuran di pemukiman kumuh liar Kalijodo RW 05 yang berada di 5 (lima) RT tersebut, berpenduduk 1.481 orang dari 317 Kepala Keluarga, sedangkan jumlah Pelacur terikat berjumlah 195 orang dan Pelacur bebas (Freelance) sekitar 250 orang. Begitu halnya pelacuran Kalijodo dalam kenyataannya fungsional dalam sistem sosial masyarakat setempat yang warganya sangat tergantung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply