Foto Gambar Pesawat Super Tucano Jatuh di Malang Timpa Rumah Warga

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Super Tucano merupakan pesawat terbang turbo prop bermesin tunggal yang diketahui sangat lincah dan cocok untuk operasi penyergapan dan pencegatan di darat, intelijen, patroli darat, maritim terbatas dan misi militer lain. Di antaranya adalah pengeboman dan sabotase. Pesawat Super Tucano didedikasikan menggantikan pesawat tempur handal battle proven OV-10F Bronco buatan Rockwell International, Amerika Serikat.

Sejak dibeli pada 1975-1976 dalam kekuatan satu skuadron penuh, Super Tucano belum pernah gagal menjalankan misinya. Namun beberapa saat yang lalu pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara jatuh di Jalan LA Sucipto Kota Malang, Jawa Timur. Pesawat berjenis Super Tucano itu baru 1 jam terbang dari Landasan Udara Abdulrachman Saleh, Malang.

Pesawat tempur intai sergap serba guna buatan Embraer SA, Brasil ini datang ke Indonesia secara bertahap. Pada tahap pertama datang 4 unit pada awal September 2012. Saat mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, pesawat itu masih bernomor registrasi eksperimental tanpa slot dan pod persenjataannya.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Ryan Reynolds Instagram Pemeran Deadpool 2016

Keempat batch perdana itu kemudian diberi nomor registrasi TT-3101, TT-3102, TT-3103, dan TT-3104. Kemudian, pada September 2014, sebanyak 4 unit lagi pesawat EMB-314 Super Tucano tiba di Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur. Sementara, pilot Mayor Ivy Safatillah yang menerbangkan pesawat tersebut sudah dipastikan meninggal dunia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply