Gerhana Matahari Total Di Indonesia Maluku Utara Akan Dikunjungi 2.000 Turis Asing Pemburu Gerhana

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Kementerian Pariwisata menargetkan akan ada lima juta wisatawan domestik yang datang ke daerah yang dilintasi gerhana. Menteri Pariwisata mengatakan, promosi yang gencar diharapkan juga bisa menarik 100 ribu turis asing menyaksikan gerhana matahari total di Indonesia. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku mengatakan sebanyak 2.168 turis asing telah mengkonfirmasi datang menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016.

Demi menyambut turis asing dan juga wisatawan domestik, Pemprov Maluku Utara dibantu Kementerian Pariwisata mengadakan pelatihan terhadap pemandu wisata dan pegawai hotel serta restoran. Pihaknya juga sudah menyiapkan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Sultan Babullah.

Meski ada turis yang datang dengan kapal laut dan kapal pesiar, diperkirakan bandara akan jadi pintu masuk utama wisatawan. Turis asing yang datang ke Ternate diundang mengikuti jamuan makan malam di Benteng Kalamata. Mereka akan disuguhkan makanan hasil olahan dari tangkapan nelayan setempat.

Baca Juga: Foto Profil Daeng Aziz Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Terancam Setahun Hukuman Penjara

Mereka juga dihibur pertunjukan tarian dan musik tradisional. Ternate memang menjadi tujuan utama turis gerhana. Sementara itu di Tidore, pelataran keraton Kesultanan Tidore akan jadi pusat acara gerhana. Di Tidore akan ada traksi musik, pertunjukan seni, dan pesta kuliner untuk menyambut rombongan ilmuwan NASA dan sekitar 300 wisatawan mancanegara lainnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply