Jadwal Gerhana Matahari Parsial di Jakarta dan Jabar pada 9 Maret 2016

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Hanya beberapa daerah di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016. Daerah tersebut merupakan daerah yang dilintasi bayangan penuh umbra bulan. Gerhana matahari total yang terjadi pagi hari akan membuat langit menjadi gelap selama beberapa saat. Matahari yang biasanya memancarkan sinar terang maka saat gerhana akan tertutup bulan sehingga korona atau mahkotanya bisa terlihat.

Sebelas daerah akan bisa menikmati momen ketika matahari sepenuhnya ditutupi bulan, akan tetapi ada juga daerah yang hanya akan mengalami gerhana matahari sebagian. Wilayah Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) akan kebagian gerhana matahari parsial atau sebagian pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Gerhana matahari parsial ini dimulai pagi hari.

Gerhana matahari parsial terjadi saat piringan bulan perlahan menutupi matahari namun tidak sampai mencapai totalitas. Ada yang 70 persen, 80 persen hingga 90 persen. Untuk warga Jakarta bisa menyaksikan fenomena langka ini mulai pukul 06.19 WIB. Puncak gerhana parsialnya terjadi pada 07.21 WIB dan berakhir pada pukul 08.31 WIB.

Baca Juga: Alasan Penyebab Sahrul Gunawan Digugat Cerai Indriani Hadi

Durasi gerhana matahari sebagian di Jakarta adalah 2 jam 11 menit. Tak jauh berbeda dengan Jakarta, untuk kota-kota di Jawa Barat mulai bisa menyaksikan gerhana matahari parsial pukul 06.19 WIB, puncak gerhana pukul 07.21 WIB dan berakhir pukul 08.32 WIB. Durasi gerhana di Jawa Barat adalah 2 jam 11 menit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply