Fakta Definisi Apa Itu Tahun Kabisat Februari 2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Pada tanggal 29 Februari 2016 masuk dalam penanggalan Tahun Kabisat. Dimana ada penambahan satu hari pada bulan Februari. Pada bulan Februari akan ada hari ke-29. Penambahan ini terjadi di tahun 1500. Pada waktu itu, astronom Kaisar Julius Caesar, Sosiogenes, menciptakan kalender Julian dengan menggunakan perhitungan ada 365,25 hari dalam waktu setahun. Hanya saja karena dianggap tak praktis.

Julius Caesar, Sosiogenes menggunakan perhitungan pembulatan menjadi 365 hari setahun. Namun kepraktisan itu justru menimbulkan kesalahan penanggalan yang fatal. Singkat cerita, hadirlah Tahun Kabisat yang menggenapkan sisa seperempat hari setiap empat tahun sekali. Tapi kehadiran tahun istimewa ini bukannya tanpa usaha.

Dibutuhkan tiga kaisar Romawi, satu Paus dan belasan astronom untuk menetapkan perhitungan kalender masehi seperti yang kita kenal sekarang. Di sisi lain, Tahun Kabisat yang hadir empat tahun sekali ini juga menyimpan banyak mitos dan fakta. Inggris pernah kehilangan 11 hari pada tahun 1752 di bulan September. Di bulan itu, kalender melompat dari tanggal 2 langsung ke tanggal 14.

Baca Juga: Video Trailer Sinopsis Spotlight Film Terbaik Oscar 2016

Dengan kata lain, tanggal 3-13 tidak tercantum dalam kalender. Hal ini terjadi karena sistem penanggalan pada waktu itu, terutama di kepulauan Inggris dan koloni Inggris, termasuk Amerika, menggunakan kalender cacat warisan perhitungan Sosiogenes, kalender Julian. Padahal sebagian besar dunia sudah mengikuti sistem penanggalan baru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply