Video Foto Korban Gempa Mentawai 2 Maret 2016 di Sumatera Barat

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa tersebut terjadi pada pukul 19.49 WIB Rabu malam. Guncangan gempa bumi dirasakan di Kepulauan Mentawai dan Kota Padang hanya mencapai skala intensitas II-III skala Mercalli Modify Intensity (MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan rumah sebagai dampak dari peristiwa itu.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,92 derajat lintang selatan dan 94,39 derajat bujur timur dengan kedalaman hiposenter 16 kilometer. Tepatnya di Samudera Hindia pada jarak 636 kilometer arah Barat Daya Mentawai.

Gempa di Mentawai merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar mendatar. Posisi episenter menunjukkan bahwa pusat gempa bumi ini terletak di bagian utara dari zona Cekungan Wharton yang memang banyak terdapat segmen spreading ridge. Cekungan Wharton memiliki kaitan dengan pergerakan dasar Samudra Hindia dan zona patahan di sekitarnya.

Baca Juga: Cara Kerja Kiddle Search Engine Untuk Anak-Anak di Kiddle.co

Lokasi ini berada di antara Kepulauan Mentawai dan zona Ninetyeast Ridge. Ninetyeast Ridge merupakan punggungan dasar laut di Samudera Hindia. Punggungan ini memiliki panjang sekitar 5.000 kilometer dari Teluk Benggala ke selatan hingga sebelah barat Benua Australia. Punggungan ini diduga terbentuk oleh proses geologis jejak pergerakan benua mikro India dari selatan ke utara sejak 71 juta tahun lalu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply