Info BMKG Pusat Gempa Mentawai 2016 7,8 Skala Ritcher

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya pada pertengahan Juni 2015, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah memprediksi akan terjadi gempa 8-9 Skala Richter yang diikuti tsunami setinggi sekira 10 meter di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Data BNPB menyatakan, Kepulauan Mentawai dan Nias punya potensi paling tinggi untuk terjadi gempa karena ada energi maksimum 9 SR yang masih terkubur.

Pada hari Rabu 2 Maret 2016, gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter mengguncang barat daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat tepatnya pukul 19:49:41 WIB. Masyarakat Padang panik tak lama setelah guncangan gempa ini. Pusat gempa berada di 5.16 Lintang Selatan dan 94.05 Bujur Timur atau 682 km barat daya Kepulauan Mentawai.

Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km dan berpotensi tsunami. Berdasarkan catatan USGS sudah terjadi 3 kali gempa bumi besar di Indonesia. Prediksi tersebut muncul berdasarkan hasil penelitian tiga negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, dan Singapura. Tim menemukan banyak patahan aktif di cekungan Wharton yang berada di lepas laut Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Harga Jual Motor Kawasaki Z125 PRO 125 cc Murah Terbaru 2016

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada enam gempa susulan di Mentawai, Sumatera Barat. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar mendatar. Posisi episenter menunjukkan pusat gempa bumi ini terletak di bagian utara dari zona cekungan Wharton yang memang banyak terdapat segmen spreading ridge. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply