Cara Aman untuk Melihat Gerhana Matahari Total Terbaru 2016

0
C CumaBerita.com, Jakarta. BMKG mencatat kota Palu menjadi kota paling terdampak gerhana matahari total. Kota ini mengalami kekurangan cahaya mencapai 100 persen. Sementara kawasan lain juga mengalami kekurangan cahaya namun tidak mencapai 100 persen. Gerhana matahari total 2016 akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit. Satu hal yang harus di ingat jika ingin melihat gerhana matahari adalah untuk tidak melihat secara langsung ke matahari dengan mata telanjang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan jika ingin melihat gerhana matahari dengan aman. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat gerhana matahari total. Metode lubang jarum, buat sebuah lubang pada selembar kertas dengan jarum, pastikan lubang tersebut bulat, halus dan berukuran kecil.

Berdiri dengan punggung menghadap matahari. Pegang kertas berlubang sehingga sinar matahari mengenai kertas tersebut. Proyeksikan matahari melalui teropong atau teleskop. Tutup salah satu lubang pada teropong. Arahkan lubang yang terbuka, bagian yang lebih besar ke arah matahari. Letakkan selembar kertas putih dengan jarak sekitar 30 cm dari teropong.

Baca Juga: Labora Sitorus Terpidana Illegal Logging Akhirnya Menyerahkan Diri Karena Terdesak

Dapat juga menggunakan roda untuk menyesuaikan fokus untuk menyesuaikan ketajaman gambar. Kacamata untuk melihat gerhana matahari total. Menggunakan kacamata khusus adalah satu-satunya cara untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Sama seperti kacamata 3D, kacamata ini dilengkapi dengan material khusus yang akan memotong cahaya matahari 100 ribu kali. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply