Hari Perempuan Internasional 2016 Usung Tema Kesetaraan Gender

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Hari perempuan internasional dirayakan setiap tanggal 8 maret ini adalah untuk merayakan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan juga sosial. Hari Perempuan Internasional juga menandai nasib dan prestasi perempuan selama lebih dari satu abad. Kesetaraan gender menjadi fokus peringatan hingga 15 tahun ke depan. Tema yang diambil adalah Planet 50-50 by 2030 yang merujuk pada target 2030.

Yaitu mewujudkan kesetaraan gender untuk memosisikan pemberdayaan perempuan sebagai pusat rencana global pada tahun mendatang. Sosok wanita adalah bagian penting dalam kehidupan, bagaimana seorang anak manusia hadir ke bumi dengan usaha antara hidup dan mati seorang wanita. Tuntutan untuk memiliki kesamaan hak adalah alasan terbesarnya.

Pada tahun 1918 banyak wanita yang menuntuk untuk diberikan kesetaraan hak dalam pemungutan suara. Sejak gerakan ini muncul semakin banyak wanita yang berada di jajaran pemerintah, bisnis, dan juga politik. Hari Perempuan Internasional pertama kali diselenggarakan oleh sosialis Jerman pada 1911 dengan penggagas bernama Clara Zetkin bersama 100 delegasi dari 17 negara.

Baca Juga: Keistimewaan Peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) Tahun 2016

Lebih dari satu juta orang di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss berdemonstrasi di seluruh kekaisaran Austro-Hungaria. Acara yang telah didukung Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ini kini telah dirayakan di 40 negara. Di beberapa negara, peringatan ini dijadikan hari libur nasional. Para wanita dari berbagai tingkat usia biasanya akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk peringatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply