Video Foto Gambar Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Fenomena gerhana yang terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 lebih istimewa. Peristiwa langka ini hanya terjadi di wilayah Indonesia dan mata dunia tertuju padanya. Gerhana matahari total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Saat gerhana matahari total matahari terlihat gelap total karena pancaran cahaya ke bumi terhalang oleh bulan.

Pada saat itu matahari terlihat menjadi gelap total karena piringan matahari yang bersinar terang itu tertutupi oleh bulan, maka atmosfer matahari yang disebut sebagai korona itu terlihat dengan indahnya. Gerhana Matahari Total menjadi istimewa karena atmosfer matahari atau korona yang berwarna indah itu bisa dilihat dengan mata langsung.

Selama menggunakan kacamata pelindung ultraviolet. Sebab bila bukan saat gerhana, korona itu tidak bisa dilihat. Gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. Gerhana matahari total itu radiasi matahari tertutup oleh bulan tidak berbahaya sama sekali.

Baca Juga: Promo Tiket Pesawat AirAsia Gratis ke Singapura – Kuala Lumpur – Thailand 2016

Peristiwa fenomenal ini sudah dinanti dan diberitakan sejak 2009. Astronom Riser Fahdiran bahkan sudah mengin fokan peristiwa ini saat gerhana matahari cincin melewati Indonesia 2009. Setelah gerhana cincin, akan terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Dan peristiwa gerhana matahari total dapat dilihat di sebagian kota di Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply