Foto Profil Biografi JS Badudu Pakar Bahasa Indonesia Meninggal Dunia 2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Duka kembali datang dari pakar bahasa Indonesia, Jusuf Sjarif Badudu yang meninggal dunia pada pada 12 Maret 2016. Almarhum meninggal dunia karena sakit, di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung dalam usia 89 tahun. Sosok Jusuf Sjarif Badudu lahir di Gorontolo 19 Maret 1926. Selain mengajar dan menulis berbagai artikel dan sejumlah buku yang berkaitan dengan bahasa Indonesia.

Jusuf Sjarif Badudu juga menyusun setidaknya empat kamus, yaitu: Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia terbitan 1975, Kamus Umum Bahasa Indonesia tahun 2001, dan Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jusuf Sjarif Badudu juga dikenal sebagai penganjur penggunaan tata bahasa yang baik dan benar. Jusuf Sjarif Badudu meninggal pada pukul 22.10 WIB.

Almarhum meninggalkan 9 anak, 9 menantu, 23 cucu, dan 2 cicit. Sang istri, Eva Henriette Alma Koroh sudah terlebih dahulu meninggal dunia pada 16 Januari 2016. Sebagai orang yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Indonesia, Jusuf Sjarif Badudu telah mengabdikan diri sebagai guru sejak usia 15 tahun 5 bulan.

Baca Juga: Foto Profil Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun Instagram Resmi Pacaran

Sebagai guru dan dosen bahasa Indonesia selama 49 tahun, Jusuf Sjarif Badudu pernah menerima bintang jasa Pemerintah RI, yaitu Satyalencana 25 tahun Pengabdian dan Bintang Mahaputra yang diserahkan sendiri oleh Presiden Megawati Sukarnoputripada tanggal 15 Agustus 2001 di Istana Negara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply