Kronologi Pemblokiran Layanan Taksi Oneline Grabcar dan Uber akan Dipanggil Menkominfo

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya layanan ojek online pernah diblokir operasionalnya beberapa waktu lalu dan kemudian dibuka kembali setelah mendapat tekanan dari berbagai pihak. Layanan taksi oneline Grabcar dan Uber terancam diblokir operasionalnya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya surat rekomendasi pemblokiran Grabcar dan Uber oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan. Surat rekomendasi tersebut diajukan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan keterangan pada surat rekomendasi kementerian Perhubungan, dua layanan tersebut menyalahi dua aturan. Yaitu Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dan UU nomor 6 tahun 1983 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Ancaman pemblokiran terhadap layanan Grabcar dan Uber ini langsung mendapat kritikan dari netizen melalui pelbagai layanan jejaring sosial.

Terkait pemblokiran layanan Grabcar dan Uber, Menkominfo mengatakan pihaknya telah memanggil pemimpin dari kedua layanan tersebut. Kedua layanan tersebut memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan layanan transportasi tanpa izin. Uber memang sejak dulu bermasalah terkait masalah izin operasi di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Foto Gambar Kristen Stewart dan Soko Pacar Wanitanya Kepergok Jalan Bareng

Sedangkan Grabcar diketahui mengoperasikan kendaraan pribadi atau dengan pelat hitam untuk layanan transportas. Jelas hal ini melanggar aturan dan direkomendasikan untuk diblokir. Rencana pemblokiran Grabcar dan Uber di Indonesia ini mendapat kritikan dari Netizen. Melalui situs microblogging Twitter, Netizen mengungkapkan kekecewaanya atas pemblokiran kedua layanan tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply