Cara Membayar Pajak Secara Online Terbaru 2016

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini mulai 1 Januari 2016 pembayaran pajak sudah menggunakan sistem online melalui e-billing. Pemberlakuan sistem e-billing merupakan wujud peningkatan layanan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi Wajib Pajak (WP) untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam membayar pajak. Untuk dapat menggunakan sistem e-billing, WP terlebih dahulu melakukan pendaftaran di alamat http://sse.pajak.go.id dengan memasukkan nomor NPWP dan alamat email.

Selanjutnya, WP akan mendapatkan kode billing yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Teller Bank/Pos Persepsi, ATM reguler, MiniATM, atau internet banking. Transaksi pembayaran pajak yang sukses akan menerima Bukti Penerimaan Negara yang kedudukannya sama dengan Surat Setoran Pajak. Untuk mengakomodasi peralihan cara pembayaran pajak dari sistem manual ke sistem online melalui e-billing, beberapa bank BUMN.

Seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Tabungan Negara serta PT Pos Indonesia, masih akan terus melayani pembayaran pajak secara manual hanya sampai 30 Juni 2016. Secara spesifik manfaat dari E-billing meliputi pertama, memudahkan wajib pajak (WP) melakukan pembayaran pajak.

Baca Juga: Foto Profil Pendeta Petrus Agung Meninggal Dunia

Kedua, pembayaran dapat dilakukan kapanpun (24 jamonline) dan dimanapun. Ketiga, menghindari terjadinya kesalahan transaksi seperti transaksi unmatched. Keempat, transaksi terjadi secara real-time sehingga data langsung tercatat di sistem DJP. Informasi lebih lanjut terkait dengan pemberlakuan sistem pembayaran pajak secara online dapat menghubungi Kring Pajak 1500200 atau kantor pelayanan pajak terdekat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply