Foto Perayaan Ritual Minggu Palma 2016 Gereja Katolik

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Dalam liturgi Gereja Katolik, sebelum Paskah Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus umat Katolik mempersiapkan diri selama masa pra-Paskah. Pada Minggu terakhir pra-Paskah, umat Katolik memasuki masa pekan suci yang dimulai dari Minggu Palma. Kemudian Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Aleluia dan Minggu Paskah yang jatuh pada tanggal 27 Maret 2016 setelah Jumat Agung pada tanggal 25 Maret 2016.

Minggu Palma adalah hari peringatan dalam liturgi gereja Kristen yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan ini merujuk kepada peristiwa yang dicatat pada empat Injil, yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 danYohanes 12:12-19. Dalam perayaan ini dikenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia disalibkan.

Masuknya Yesus Kristus ke kota suci Yerusalem adalah hal yang istimewa, sebab terjadinya sebelum Yesus mati dan bangkit dari kematian. Itulah sebabnya Minggu Palma disebut pembuka pekan suci yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi & Jadwal Jam Tayang MotoGP Qatar 2016 di Trans 7

Dalam liturgi Minggu Palem, umat dibagikan daun palem dan ruang gereja dipenuhi ornamen palem. Dalam perayaan Minggu Palma ini, umat katolik melambai-lambaikan daun palem sambil bernyanyi sebagai simbol yang menyatakan keikutsertaan umat bersama Yesus dalam arak-arakan menuju Yerusalem, kota Allah yang selalu menjanjikan kedamaian. Dalam tradisi Gereja Katolik, Minggu Palma bertujuan untuk mengenang kesengsaraan Yesus Kristus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply