Definisi Fenomena Equinox Adalah Suhu Udara Meningkat Panas di Indonesia 21 Maret 2016

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Equinox adalah peristiwa di mana matahari akan berada tepat di atas kepala pada tengah hari. Hal tersebut mengakibatkan suhu lebih tinggi terjadi pada siang hari. Equinox merupakan fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ketika sumbu bumi tidak terinklinasi terhadap matahari dan pusat matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa bumi.

Nama Equinox berasal dari bahasa latin aequus yang berarti sama dan nox yang bermakna malam. Karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama. Masyarakat Indonesia resah karena pesan berantai yang menyatakan suhu udara di negara Singapura, Malaysia, dan Indonesia akan meningkat hingga 40 derajat celcius pada saat Equinox berlangsung.

Pesan tersebut menyarankan agar orang-orang tetap berada di dalam ruangan pada saat tengah hari dan meminum 3 liter air untuk menghindari dehidrasi dan heat stroke. Namun menanggapi pesan berantai itu, Kepala Bidang Peringaan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengatakan jika tidak perlu mengkhawatirkan fenomena tersebut.

Baca Juga: Video Hasil Debut Rio Haryanto di F1 GP Australia 2016 Gagal Finish

Selama ini equinox di Indonesia tidak pernah sampai menyebabkan heat stroke. Cuaca di Indonesia diprediksi normal antara 33 hingga 34 derajat celcius. Di Indonesia belum ada kenaikan suhu secara tajam. Dihimbau kepada masyarakat yang sudah terlanjur resah dengan info yang tidak jelas sumbernya itu untuk mencari informasi langsung ke BMKG di daerah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply