Foto Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia Maret 2016

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Setelah sebelumnya terjadi gerhana matahari total 9 maret 2016, 14 hari kemudian peristiwa gerhana kembali terjadi. Namun kali ini bukan gerhana matahari melainkan gerhana Bulan. Gerhana Bulan yang terjadi pada 23 maret 2016 merupakan gerhana Bulan penumbra pertama yang terjadi di tahun 2016. Selama tahun 2016 gerhana Bulan penumbra akan terjadi sebanyak 2 kali gerhana yakni pada bulan Maret dan bulan September 2016.

Berbeda dari gerhana bulan total maupun gerhana bulan sebagian, Bulan tidak akan menghilang di langit malam. Bahkan tidak mudah untuk bisa mengetahui apakah Bulan sedang berada dalam kondisi Gerhana ataukah hanya Bulan Purnama biasa. Ini dikarenakan saat Gerhana Bulan Penumbra cahaya Bulan akan tampak sedikit meredup.

Ketika gerhana bulan, Bumi yang menjadi penghalang bagi cahaya Matahari untuk mencapai Bumi. Gerhana bulan selalu terjadi ketika Bulan sedang berada dalam fase purnama. Sama halnya dengan gerhana matahari yang selalu terjadi ketika Bulan sedang dalam fase Bulan Baru. Tapi, tidak setiap Bulan Purnama gerhana Bulan akan terjadi.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Kartika Wirjoatmodjo Direktur Utama Bank Mandiri 2016

Posisi sejajar ketiga benda ini menyebabkan terbentuknya dua kerucut bayangan Bumi. Bayangan pada kerucut terluar adalah area bayangan penumbra dimana Bumi mengahalangi sebagian cahaya Matahari untuk mencapai Bulan. Sedangkan kerucut yang ada di dalam kerucut penumbra adalah kerucut umbra dimana Bumi menghalangi seluruh cahaya Matahari untuk mencapai Bulan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply