Tarif Biaya Denda Terlambat Lapor SPT Pajak Tahunan Perorangan & Badan Usaha

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus melakukan pembaharuan untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memastikan pelaporan SPT melalui electronic filling atau e-filling hanya memakan waktu yang singkat. Yaitu cukup lima menit saja. E-filling di program untuk bekerja lebih cepat daripada pengisian SPT Tahunan secara manual.

Saat ini, DJP sudah menyediakan pendaftaran SPT melalui e-filling untuk formulir 1770 s dan 1770 ss, sesuai tingkat penghasilan WP. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh WP adalah harusmemiliki e-FIN. e-FIN adalah Electronic Filling Identification Number yang berguna sebagai nomor identitas WP yang menggunakan pelaporan SPT tahunan melalui e-filling.

Cara pengajuan e-FIN adalah dengan mengajukan permohonan ke kantor pajak terdekat dengan menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika WP telah mendapatkan e-FIN, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran e-filling di situs www.pajak.go.id.

Baca Juga: Foto Profil Irwan Yusuf Pengemis Ayah Tiri Marshanda Ditangkap Dinas Sosial

Pada situs tersebut, terdapat pilihan untuk pengisian pelaporan e-SPT dan e-filling dan tersedia dua lembar pengisian yang meliputi data diri lengkap serta penghasilan dan pajak yang harus dibayarkan. Dalam melakukan pendaftaran e-filling, WP harus memasukkan nomor e-FIN yang sudah diperoleh dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Terakhir adalah dengan melakukan verifikasi. Verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang sudah didaftarkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply