Kronologi Kecelakaan Pesawat Batik Air Tabrakan di Runaway Halim Perdanakusuma 2016

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Pesawat Batik Air jenis Boeing 737-800 bertabrakan dengan pesawat Transnusa jenis ATR reg PK-TNJ di Run Way Lanud Halim Perdanakusuma sekitar pukul 19.55 Wib pada hari Senin 4 April 2016. Berawal saat pesawat Batik Air dengan rute Halim Perdanakusuma – Ujung Pandang. Registrasi PK-LBS, nomor penerbangan ID 7703 sudah di-release untuk take off oleh menara pengawas (ATC).

Saat pesawat Batik Air sedang take off, pada saat yang bersamaan terdapat pesawat Transnusa yang sedang ditarik oleh traktor menuju hanggar. Hal itu menyebabkan kedua pesawat saling senggolan. Karena itu pilot in command memutuskan untuk membatalkan take off Batik Air untuk memastikan keselamatan penumpang.

Dengan kejadian itu membuat pesawat Transnusa mengalami kerusakan pada bagian ekor pesawat dan sayap bagian kiri. Sedangkan pesawat Batik Air rusak pada bagian ujung sayap sebelah kiri. Tidak terdapat korban jiwa pada kecelakaan ini. Semua penumpang dan kru pesawat dapat dievakuasi dengan selamat. Sat kejadian berlangsung untuk sementara Bandara Halim ditutup dari kegiatan penerbangan.

Baca Juga: Hasil Poin Klasemen Sementara MotoGP 2016 Hari Ini Bulan April 2016

Saat kejadian pesawat Batik Air ditumpangi 49 penumpang dan tujuh kru. Penumpang akan diterbangkan menggunakan pesawat pengganti dengan registrasi yang lain. Humas PT Angkasa Pura (AP) II memastikan adanya tabrakan antara dua pesawat di runway bandara Halim Perdanakusuma. Tabrakan terjadi pada pukul 19.55 WIB sesaat setelah pesawat Batik Air akan take off. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply