Apa Itu Panama Papers Indonesia Adalah Mossack Fonseca

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Panama Papers atau Dokumen Panama adalah kumpulan 11,5 juta dokumen rahasia yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca. Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214.000 perusahaan luar negeri, termasuk identitas pemegang saham dan direkturnya. Dokumen tersebut mencantumkan nama pemimpin lima negara. Argentina, Islandia, Arab Saudi, Ukraina, dan Uni Emirat Arab.

Serta pejabat pemerintahan, kerabat dekat, dan teman dekat sejumlah kepala pemerintahan ±40 negara lainnya. Termasuk Brasil, Cina, Perancis, India, Malaysia, Meksiko, Malta, Pakistan, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, Suriah, dan Britania Raya. Dokumen bocoran ini kemudian disebarkan kepada dan dianalisis oleh kurang lebih 400 wartawan di 107 organisasi media di lebih dari 80 negara.

Laporan berita pertama berdasarkan dokumen ini bersama 149 berkas dokumennya diterbitkan pada tanggal 3 April 2016. Daftar lengkap perusahaan yang terlibat akan dirilis pada awal Mei 2016. Sebuah bocoran masif berisi jutaan dokumen finansial yang melibatkan banyak tokoh dunia menggegerkan dunia.

Baca Juga: Video Foto Penyanyi Dangdut Irma Bule Tewas Digigit Ular Cobra Saat Manggung

Bocoran yang dinamakan Panama Papers ini berasal dari Mossack Fonseca, sebuah perusahaan hukum yang berbasis di Panama. Salah satu pendiri Mossack Fonseca, Ramon Fonseca, mengatakan bahwa bocoran tersebut adalah sebuah kejahatan, pelanggaran dan juga merupakan serangan terhadap Panama. Pemerintah Panama mengatakan tidak akan memberikan toleransi terhadap segala bentuk transaksi keuangan yang mencurigakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply