Foto Penyelamatan Sandera Kelompok Abu Sayyaf di Filipina

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Diawali oleh berbagai konflik yang terjadi di Filipina, kelompok Abu Sayyaf merupakan gerakan separatis yang lahir dari sejarah konflik di Filipina. Kelompok Abu Sayyaf merupakan salah satu gerakan yang lahir di Basilan. Walaupun gerakan Kelompok Abu sayyaf terbilang kecil, tetapi kelompok ini telah berhasil mengguncang kestabilan negara Filipina dengan melakukan pengeboman di daerah Filipina.

Konflik yang diusung oleh gerakan ini memang konflik antar agama, dimana kristen sebagai mayoritas dan islam sebagai minoritas. Kelompok Abu sayyaf berjuang untuk membebaskan umat Muslim Moro dari penjajahan orang Kristen. Karena bila dilihat dari sejarahnya, Filipina pernah menjadi sebuah negara kesultanan Islam Sulu yang pernah Jaya di negara tersebut.

Faktor inilah yang menjadi dasar dari orang Moro melakukan perjuangan untuk membebaskan diri dari negara Filipina. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) telah menyiapkan timnya untuk bergabung dalam tim negosiator 10 WNI yang disandera oleh milisi Abu Sayyaf di Filipina.

Baca Juga: Hasil Gubernur Ahok Diperiksa KPK Kasus Korupsi Sumber Waras dan Ketua BPK

Tim yang terdiri dari 10 orang itu telah berkumpul di Markas Detasemen Khusus 81 (Satuan Penanggulangan) di komplek Mako Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur. Persiapan keberangkatan tim elite Kopassus itu langsung dicek oleh Danjen Kopassus Mayor Jenderal M Herindra. Setelah itu, mereka akan terbang ke Filipina dan bergabung dengan tim Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI untuk melakukan negosiasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply