Alibaba Group Akuisisi Beli Saham Lazada Indonesia 13 Triliun Rupiah

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Lazada selama ini dikenal sebagai e-commerce yang menjual produk elektronik dan pakaian di enam pasar Asia Tenggara. Namun perusahaan ini, Lazada mengalami kerugian operasi yang tinggi. Lazada sendiri di Indonesia menciptakan persaingan ketat di industri e-commerce dengan sejumlah pemain seperti MatahariMall.com dan Tokopedia.

Kini raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba secara resmi mengumumkan telah mengakuisisi layanan mayoritas saham marketplace terbesar di Asia Tenggara, Lazada dengan nilai total sebesar $1 miliar. Valuasi Lazada secara total adalah $1.5 miliar. Alibaba menyebutkan akuisisi ini terdiri dari investasi baru senilai $500 juta dan pembelian saham, dari pemilik saham yang sudah ada, sebesar sisanya.

Investor lama Lazada total ada 9 investor, menjual sebagian sahamnya, dengan Rocket Internet, Kinnevik, dan Tesco. Masing-masing masih memiliki 8,8%, 3,6%, dan 8,3% saham pasca akuisisi. Langkah e-commerce besar asal China, Alibaba Group Holding memperlihatkan Alibaba tak ingin hanya jago kandang di China. Keputusan Alibaba yang begitu agresif ini dilakukan untuk memperluas pasar ke kawasan Asia Tenggara, karena Lazada punya basis konsumen besar di lokasi itu.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Oh Se-hun EXO Instagram Ultah 12 April 2016

Lazada yang telah berdiri sejak 2012 beroperasi di sejumlah negara di Asia Tenggara. Sebut saja Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Indonesia. Langkah akuisisi mayoritas saham Lazada ini merupakan upaya Alibaba agar secara cepat memperluas bisnis ke kawasan Asia Tenggara yang potensial. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply