Perbedaan Jadwal Daftar Tes SBMPTN dan SNMPTN 2016

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak menggunakan lagi jalur tulis atau jalur tes,melainkan menggunakan nilai raport atau prestasi akademik. SNMPTN hanya untuk siswa yang telah lulus Ujian Nasional. Mengenai kuota atau ketersediaan kursi PTN pada SNMPTN, Mendikbud mengatakan kuota kursi PTN untuk SNMPTN minimal 50 persen dari total kuota PTN.

Sedangkan Sekretaris Panitia Pelaksana SNMPTN 2016 memaparkan minimal kuota PTN untuk SNMPTN adalah 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan jalur mandiri sisanya. Pada umumnya masyarakat cenderung kontra pada keputusan ini, banyak yang berpendapat bahwa keputusan ini akan merugikan siswa-siswi sekolah.Karena sekarang sudah terlalu banyak sekolah yang memanipulasi nilai agar memperoleh nilai raport yang setinggi-tingginya agar bisa diterima di PTN.

Proses SNMPTN sudah dimulai sebelum UN tingkat SMA. Prosesnya sudah berjalan dan hasilnya sudah bisa didapatkan dalam beberapa saat lagi. Sementara pendaftaran SBMPTN baru dibuka berikutnya. SNMPTN dilaksanakan dengan menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan rekam jejak di SMA. Artinya nilai rapor selama 3 tahun belakangan ini akan jadi bahan pertimbangan. Biaya pendaftaran SNMPTN adalah gratis.

Baca Juga: Foto Chelsea Islan Main Peran di Film 3 Srikandi Terbaru 2016

Sementara SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran atau beli formulir. Semacam cover charge untuk menutupi ongkos cetak soal, lembar jawaban dan operasional lain. PTN di Indonesia diwajibkan menyediakan setidaknya 50% dari kuota yang disediakan untuk peserta dari jalur SNMPTN. Sementara itu peserta SBMPTN punya jatah 30% kursi dari tiap PTN. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply