Foto Demo Buruh Besar-Besaran di Bundaran HI Jakarta 2015

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Hingga akhir Agustus 2015 sebanyak 26 ribu pekerja di tanah air mengalami pemutusan hubungan kerja. Sementara 30 ribu buruh lainnya berpotensi di PHK. Hal itu ditambah sulitnya perekonomian dunia yang berimbas ke tanah air membuat buruh turun ke jalan. Sejumlah massa buruh sudah berada di Bundaran HI. Beberapa yang berkumpul di bundaran HI di antaranya adalah massa dari FSPMI (Federasi serikat pekerja metal Indonesia).

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menjadi salah satu elemen yang bergabung dalam demonstrasi buruh di Jakarta pada hari Selasa 1 September 2015. Diperkirakan 30 ribu buruh dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi turun ke jalan. Memburuknya kondisi ekonomi global yang berdampak langsung pada perekonomian nasional menjadi keprihatinan buruh.

Melemahnya Rupiah berakibat pada meningkatnya angka pemutusan hubungan kerja karyawan demi mengurangi biaya operasional perusahaan agar tak bangkrut. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berharap pemerintah mengeluarkan regulasi untuk melindungi buruh dan perusahaan dari tekanan ekonomi dunia yang tak stabil.

Baca Juga: David de Gea Batal Transfer ke Real Madrid

Kepolisian Daerah Metro Jaya juga menyiagakan pasukan di sepanjang Bundaran Hotel Indonesia hingga Istana Negara untuk mengawal jalannya demonstrasi buruh. Para buruh mendesak pemberian insentif bagi pekerja yang terancam PHK. Tuntutan lainnya yaitu menolak tenaga kerja asing masuk dan menolak penghapusan kewajiban berbahasa Indonesia bagi para pekerja asing. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply