Daftar Lengkap Nama Pengusaha Indonesia Masuk Panama Papers

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini semua mata dan telinga tertuju ke The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang merilis informasi baru tentang lebih dari 200 ribu perusahaan di yurisdiksi bebas pajak di luar negeri (offshore companies). Konsorsium Internasional Jurnalis Investigasi merilis lebih dari 200 ribu perusahaan di yurisdiksi bebas pajak di luar negeri yang terdapat di sekitar 200 negara.

Data yang berasal dari firma hukum Mossack Fonseca di Panama kali ini jauh lebih banyak dari yang diumumkan April 2016. Data itu mencakup informasi tentang perusahaan cangkang, perserikatan, yayasan dan dana dari lebih 200 negara yang diinvestasikan di 21 negara atau wilayah bebas pajak lainnya. Mulai dari Hong Kong, Virgin Islands, Inggris hingga ke Nevada di Amerika.

Dalam data yang dirilis itu, publik bisa mengkaji dan melihat langsung daftar panjang jaringan yang melibatkan ribuan entitas perusahaan luar negeri, termasuk arsip internal Mossack Fonseca tentang siapa pemilik sesungguhnya perusahaan tersebut. Namun hal ini sudah cukup membuat banyak pihak di dunia was-was.

Baca Juga: Cek Pengumuman Hasil Ujian Tes SNMPTN 2016 Secara Online Lengkap Terbaru

The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) tidak menjawab secara langsung apakah ada di antara ribuan nama yang baru diumumkan itu, nama pejabat atau tokoh Indonesia. Dokumen sebelumnya mengungkap hampir 3.000 nama tokoh Indonesia, termasuk Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, pengusaha Sandiaga Uno, James T. Riady, Chairul Tanjung, Budi Sampoerna dan lain-lain. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply