Tuntunan Amalan Sunah Malam Nisfu Sya’ban 21 Mei 2016 / 14 Sya’ban 1437 H

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Keutamaan malam nisfu Sya’ban meskipun mayoritas ulama mengatakan bahwa semua hadits tentang keutamaan malam nisfu Sya’ban itu dhaif. Tetapi ada juga ulama yang mengatakan bahwa ada hadits yang paling tidak adalah hadits hasan yang bisa dijadikan sebagai dalil tentang keutamaan malam itu.

Adapun mengkhususkan malam nisfu Sya’ban dengan ibadah tertentu, seperti baca surat yasin tiga kali atau sholat tertentu yang hanya dilakukan pada malam itu. Begitu juga dengan doa khusus nisfu Sya’ban maka itu tidak ada dalilnya. Jikapun mengikuti pendapat yang mengatakan bahwa malam nisfu Sya’ban itu memiliki keutamaan, maka hendaknya diisi dengan memperbanyak dan meningkat ibadah.

Seperti melakukan sholat malam, membaca al-Qur`an dan berdzikir secara sendiri-sendiri sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan bid’ah yang diharamkan Allah SWT. Kelebihan malam nisfu sya’ban adalah maka beribadahlah di malamnya dan puasalah di siang harinya sesungguhnya Allah menurunkan rahmatNya dan para Malaikatnya pada malam itu dan berkata siapa yang minta rezeki kuberi.

Baca juga: Video Foto Penyebab Ledakan di Gandaria City Kebakaran Ada Korban Jiwa

Siapa meminta keselamatan aku pelihara, siapa yang hendak sesuatu maka akan ku kabulkan sampai terbit fajar. Pada malam nisfu sya’ban menurunkan Allah akan RahmatNYA dan para malaikatnya maka mengampuni Allah akan dosa hambanya. Di riwayatkan bahawa pemindahan semua perkara dari lauhil mahfuz pada malam nisfu sya’ban dan selesai pada malam lailatul Qadar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply