Video Foto Letusan Gunung Sinabung 2016 Awan Panas di Karo Sumatera Utara

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Gunung Sinabung sebelumnya mengalami erupsi pada September 2013. Abu vulkanik tampak membumbung tinggi dari kepundan Sinabung. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Karo memperkirakan letusan terjadi pukul 12.09 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada Banda Geologi meningkatkan status gunung Sinabung menjadi siaga tiga.

PVMBG mengirimkan peringatan dini kepada pemerintah untuk mengungsikan dan mengosongkan daerah permukiman dalam radius tiga kilometer. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara telah meletus dan memuntahkan abu vulkanik. Sudah tujuh warga di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara meninggal dunia sejak Gunung Sinabung meluncurkan awan panas pada Sabtu 21 Mei 2016.

Semua korban adalah warga Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo yang berada dalam radius lima kilometer dari puncak gunung. Mereka diyakini tengah bertani ketika awan panas meluncur. Jatuhnya korban disebabkan kelalaian para penduduk desa yang berkeras menuju lahan pertanian. Padahal wilayah itu masuk kategori zona merah, daerah tertutup untuk masyarakat karena bahaya yang ditimbulkan aktivitas gunung.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Anthony Ginting Instagram Pebulutangkis Tunggal Putra Thomas Cup 2016

Letusan Gunung Sinabung belum pernah keluar dari radius lima kilometer sampai sekarang. Yang jadi masalah adalah karena Gunung Sinabung ini lama tidak meletus, sehingga masyarakat terlalu dekat dengan Gunung Sinabung. Itu menjadi masalah risiko bencana menjadi terlalu tinggi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply