Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2016 Dijadikan Hari Libur Nasional

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Presiden Soekarno merumuskan Pancasila saat menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945 di Jakarta. Pancasila sendiri pada akhirnya ditetapkan sebagai dasar negara Republik Indonesia yang mencakup lima sendi utama.

Yaitu (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) persatuan Indonesia, (4) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan (5) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ternyata belum diakui secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia (RI) sebagai hari besar nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, yang juga merupakan cucu dari perumus Pancasila, Presiden Pertama RI, sekaligus Bapak Proklamator Indonesia, Ir.Soekarno alias Bung Karno. Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai, bahasa Indonesia: Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945.

Baca Juga: Definisi Pengertian Apa Itu Kebiri Kimia Adalah

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply