Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni Resmi Jadi Hari Libur Nasional Tanggal Merah

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Pancasila selalu dikenal oleh bangsa Indonesia dari generasi ke generasi serta diamalkan dalam kehidupan berbangsa agar nilai-nilainya tetap terjaga. Dalam peringatan ini, Presiden Jokowi juga menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadi hari libur nasional. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 yang ditandatangani pada saat acara tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dan memberikan sambutan dalam rangka memperingati Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang diadakan di Gedung Merdeka, Bandung pada hari Selasa 1 Juni 2016. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa syukurnya karena Indonesia mempunyai Pancasila yang menjadi dasar negara dan landasan hidup Bhinneka Tunggal Ika.

Yang dapat menjaga keberagaman adat, suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia. Hal ini tidak dipunyai oleh negara lain yang saat ini sedang dilanda rasa takut akan terorisme, ekstremisme dan radikalisme. Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi negara harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia, dari generasi ke generasi.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Siti Badriah Instagram Pakai Celana Robek Sampai Paha

Pancasila harus diamalkan, Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja, Pancasila harus dijaga kelanggengannya, maka dengan mengucap syukur kehadirat Allah subhanawata’ala. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan Keputusan Presiden Tanggal 1 Juni ditetapkan diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply