Info BMKG Foto Gempa di Padang Sumbar Hari Ini 2 Juni 2016

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Gempa berkekuatan 6,5 pada skala Richter melanda pesisir selatan Provinsi Sumatera Barat, pada pukul 05.56 WIB pada hari Kamis 2 Juni 2016. Gempa yang terjadi pada pukul 19.49 WIB itu berpusat di perairan sejauh 682 kilometer sebelah barat daya Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 10 kilometer.

Potensi tsunami menurut Wakil Kepala BMKG di Sumatera Barat relatif kecil namun peringatan belum dicabut. Masyarakat langsung ke luar rumah ketika gempa terjadi. Namun, sejauh yang dilihat tidak ada kerusakan besar. Gempa bumi bukan pertama kali terjadi di perairan sekitar Kepulauan Mentawai. Pada 2010, gempa bawah laut berkekuatan 7,7 pada skala Richter melanda kawasan tersebut.

Akibat gempa, gelombang pasang menerjang ratusan rumah di sedikitnya dua desa pesisir di Pulau Pagai dan Silabu. Kedua pulau tersebut bagian dari gugusan Kepulauan Mentawai yang terpencil dan berpenduduk jarang. Sebanyak puluhan orang meninggal dunia saat itu. Pada 26 Desember 2004 Aceh dan sekitarnya diguncang gempa dengan kekuatan 9,1 Richter.

Baca Juga: Ahmad Dhani Gagal Konser Panggung Rakyat Tangkap Ahok di Depan Gedung KPK

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di perairan sejauh 79 kilometer sebelah barat daya dari pesisir selatan Provinsi Sumatera Barat. Namun, karena episentrum gempa bumi berada di kedalaman 72 kilometer, BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply