Bacaan Doa Niat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Beserta Artinya

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Kewajiban puasa adalah kewajiban yang sudah ada sejak dulu kepada umat muslim di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan besarnya keutamaan puasa dan juga kebutuhan orang beriman. Allah mengabarkan kepada umat ini bahwa puasa itu juga telah diwajibkan kepada umat sebelum mereka yaitu dalam rangka menghibur hati mereka.

Tatkala mereka mengetahui bahwa puasa juga sudah diwajibkan kepada umat selain mereka maka niscaya puasa itu akan terasa ringan bagi mereka. Kemudian Allah menjelaskan hikmah yang tersimpan di balik syari’at puasa yang Allah tetapkan. Bukanlah yang menjadi tujuan utama puasa adalah melarang dari makan, minum, atau kesenangan yang mubah.

Bukan hal ini maksud utama darinya, akan tetapi sesungguhnya yang dituju adalah buah dari puasa itu dalam diri hamba. Hal ini menunjukkan bahwa puasa merupakan sebab menuju ketakwaan kepada Allah. Orang yang berpuasa berbeda dengan orang yang tidak puasa. Orang yang puasa akan membatasi dan meminimalisir maksiat dari segala indera yang dia miliki.

Baca Juga: Video Foto Aming Menikah Dengan Evelyn Nada Anjani di Instagram

Karena puasa akan membatasi dirinya dari hal itu. Berbeda halnya dengan puasa, maka puasa itu sesuatu yang rahasia. Rahasia antara hamba dengan Rabbnya. Karena di dalam hatinya dia berniat dengan puasanya untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dan hal ini adalah suatu perkara yang tidak diketahui secara persis kecuali oleh Allah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply