Video Foto Peluncuran Satelit BRI Sat Orbit Pertama Indonesia 2016

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Peluncuran BRIsat, satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (persero) sebelumnya sempat tertunda. Menurut Kepala Eksekutif Arianespace, penundaan peluncuran BRIsat karena masalah teknis. Diperkirakan penundaan peluncuran BRIsat berlangsung selama sebelas jam. Selama waktu tersebut, teknisi Arianespace mencoba memperbaiki masalah pada roket Ariane 5, yang membawa BRIsat dan satelit lain milik perusahaan asal Amerika Serikat.

Karena itu rencana peluncuran baru berlangsung pada Jumat petang, 17 Juni 2016 atau sehari dari rencana awal. Dengan demikian, rencana peluncuran BRIsat tertunda dua kali. Pekan lalu, Arianespace menunda peluncuran satelit pertama di dunia yang dimiliki perusahaan perbankan ini lantaran anomali pada sambungan peluncur roket.

BRIsat nantinya akan menghubungkan 10.350 kantor unit kerja BRI di berbagai pelosok Tanah Air. BRI saat ini memakai 40 transponder satelit. Sisa transponder satelit bikinan perusahaan Amerika Serikat, Space System Loral (SSL), ini akan digunakan untuk cadangan pengembangan sepuluh transponder dan diserahkan kepada negara empat transponder.

Baca Juga: Syarat & Cara Daftar PPDB Online 2016 DKI Jakarta Seluruh Indonesia

Perusahaan peluncur satelit dunia Arianespace mengumumkan target peluncuran satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yakni BRIsat ditunda menjadi 17 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana, Prancis atau 18 Juni 2016 waktu Indonesia. Adanya temuan gangguan koneksi bagian atas peluncur membuat manajemen Arianespace segera memperbaiki dan membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk memastikan seluruh fungsi berjalan dengan baik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply