Sejarah & Keistimewaan Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Nuzulul Qur’an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW. Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira.

Ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Saat ini selaku umat Islam telah memasuki bulan Ramadhan hari yang ke 17. Bukan rahasia lagi bahwa pada hari ini merupakan hari yang paling bersejarah untuk perjalanan kitab suci Al Qur’an. Tepat pada hari ini, pada abad 14 silam terjadi salah satu sejarah besar bagi umat Islam yaitu peristiwa Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran merupakan awal mula dari Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada nabi tercinta umat Islam yakni Nabi Muhammad SAW. Hingga saat ini peristiwa tersebut telah dinamai dengan peristiwa Nuzulul Quran. Pertama kali wahyu diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada Nuzulul Qur’an yaitu surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Mario G Klau Instagram Pemenang The Voice Indonesia 2016

Pada saat wahyu tersebut diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri pada sebuah gua yang bernama gua Hira. Waktu itu secara tiba-tiba malaikat Jibril datang untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Tepat pada malam inilah terkumpul berbagai macam peristiwa yang sangat penting. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply