Kronologi 7 WNI Anak Buah Kapal (ABK) Kembali Disandera di Perairan Filipina

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Terulang kembali saat 13 WNI yang disandera di Filipina merupakan awak kapal tarik (tugboat) Charles 001 milik PT Rusianto Bersaudara dan kapal tongkang Robi 152 dari Samarinda yang mengangkut batu bara menuju Filipina Selatan. Penyanderaan terjadi ketika kapal-kapal tersebut sedang berada di Laut Sulu. Pemerintah kembali menghidupkan tim Crisis Center untuk bekerja mencari solusi terhadap penyanderaan tujuh anak buah kapal (ABK) asal Indonesia di perairan Filipina.

Tim akan dipimpin Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Letjen Eko Wiratmoko. Tim Crisis Center akan memiliki lima tugas utama. Pertama mengindentifikasi masalah ini secara tajam. Kedua, mencari tahu siapa yang melakukan penyanderaan tersebut. Ketiga, mencari tahu keterkaitan antara penyanderaan ini dengan penyanderaan sebelumnya. Berulangnya penyanderaan terhadap WNI akan merugikan perekonomian Filipina.

Terlebih saat ini pemerintah sudah memberlakukan moratorium pengiriman batu bara guna menghindari penyanderaan. Pemerintah mengecam keras kembali terjadinya penyanderaan terhadap WNI di perairan Filipina. Pemerintah meminta pemerintah Filipina memastikan keamanan di perairan Filipina sehingga tidak mengganggu kegiatan perekonomian di kawasan tersebut.

Baca Juga: Prediksi Skor Argentina vs Chile Final Copa America 2016

Kejadian penyanderaan untuk yang ketiga kalinya ini tidak bisa ditoleransi. Pemerintah akan melakukan segala cara untuk membebasakan para sandera. Keselamatan ketujuh WNI adalah prioritas. Hingga kini kronologis penyanderaan masih simpang siur. Panglima TNI menyayangkan kejadian penculikan yang kembali menimpa anak buah kapal asal Indonesia di perairan Filipina. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply