Apa Itu Voorijder Polisi Adalah Aturan Penggunaan Motor Voorijder

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya polemik penggunaan Voorijder kembali mengemuka setelah Kompolnas mengungkapkan bahwa 160 unit motor gede Brigade Motor (BM) di Polda Metro Jaya habis untuk tugas pengawalan pejabat, sehingga mengganggu fungsi layanan publik. Aturan pengawalan itu sebenarnya sudah ada di UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), tercantum dalam Pasal 134 dan Pasal 135.

Voorijder adalah motor pengawal suatu konvoi atau rombongan. Biasanya yang dikawal adalah tamu negara atau pejabat negara. Sedangkan rotator adalah lampu kedap-kedip yang biasanya diiringi sirene meraung-raung. Semua orang mungkin sudah tahu bahwa Voorijder seperti halnya ambulance hanya digunakan untuk kondisi yang benar-benar penting.

Intinya, penggunaan keduanya memang benar-benar dibutuhkan dan menjadi pemberitahuan agar pengguna jalan lain memberikan akses agar perjalanan konvoi tersebut tidak terhalang. Yang menjadi masalah, Voorijder dan rotator ini biasanya sering digunakan hanya untuk mengawal Moge atau konvoi para pemilik kendaraan yang tidak ingin perjalanannya terganggu.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Supriyanto Melakukan Ritual Hidupkan Kembali Ibunya

Turunnya perintah Presiden disebabkan banyaknya penggunaan Voorijder dan rotator didaerah Puncak. Sudah bukan rahasia jika kawasan Puncak yang kerap macet di akhir pekan membuat gusar para penggede yang merasa lebih unggul segalanya daripada kebanyakan rakyat jelata. Daripada mereka terjebak macet, mereka lebih suka meminta bantuan polisi untuk menurunkan Voorijder.  (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply